Kebaya oh Kebaya by QZM

Halooooo....
Aku datang lagi,
3 hari berturut turut aku nulis blog,
Yeay, pencapaian yang luar biasa. Secara mood eike kan suka naik turun hehehe.
Sebulan nulis 1 postingan aja belum tentu hehehe.
Jadi setelah selingan postingan liburan kemaren, kini eike akan kembali ke postingan preparation "going to be a bride" lagi.
Lets start.

Oh iyaaa, kemaren aku udah bahas mengenai wedding ring sm prewedding kan yaaa?
Kalo yang belum baca bisa di baca disini ni prewedding sama ini ni wedding ring
Aku kelupaan mosting salah satu hal paling penting.
Yaitu time table atau kami menyebutnya "work plan"
Pasti kan capeng capeng di luar sana pada bingung apa yang harus dilakukan, maka keberadaan si work plan ini sangat membantu.

Begini nih contoh work plan yang aku buat bareng si cami.
Maaf kalo kurang jelas yaaa, soalnya bingung gimana gedeinnya lagi, halaman blognya gak memadai hehe.
Semoga kalo di zoom bisa keliatan yaaa.


 

Isi work plan kami tersebut, berisi tentang :
  • Apa2 saja yang dipersiapkan (kolom "list")
  • PIC (jadi tentukan siapa penanggung jawab dalam setiap list, biar lebih maksimal)
  • kemudian workplannya, warna warni tersebut menunjukkan target penyelesaian.  Warna biru merupakan waktu yang kita perkirakan mengerjakan masing2 jobdesk kita, warna kuning menunjukkan bahwa deadline sudah dekat, dan warna merah menunjukkan deadline dan sudah harus selesai.
Meski kadang realisasinya tidak persis kayak di work plannya, tapi minimal kita punya acuan.
Saling mengingatkan sesama pasangan penting banget loh, jadi meski ada jobdesk sendiri sendiri, penting banget untuk selalu diskusi.

Okeiii, lanjut ke pembahasan utama.
Kali ini aku mau bahas mengenai kebaya...
ini ni yang paling krusial bagi calon calon pengantin.

Nah, aku juga udah bolak balik browsing mengenai dunia perkebayaan, karena aku sangat newbie dalam dunia perkebayaan.
Seumur umur pake kebaya baru beberapa kali kayaknya, pertama waktu acara 17 agustusan waktu SD, jadi penerima tamu pas kuliah, dan terakhir pas wisuda S1, 3 tahun yang lalu.

Akhirnya aku nyari bahan kebayanya dulu.
Kemana lagi kalo bukan ke Pasar Baru yee kan,
Aku kesana bareng sohibku si ling ling.
Sebelum kesana, aku udah memutuskan kalo aku mau nyari kebaya berwarna merah untuk martuppol dan baby pink untuk weddingnya.
Kenapa aku pake baby pink untuk wedding?
Pertama karena mama dan mama mertua menyarankan jangan pake baju putih, karena katanya habis nikah gak bakal bisa dipake lagi, jadi sayang.
Kedua, warna yang biasa dipake selain putih bagi pengantin batak adalah gold. Dan aku gak mau terlihat pasaran dan sama kayak pengantin batak lainnya.
Nah, jadi lah aku memutuskan memilih warna baby pink untuk kebaya pengantinku, apalagi setelah melihat salah satu kebayanya mbak Vera, yang baby pink.

Nah aku tertarik dengan warna seperti ini ni...




Dan untuk kebaya martumpolnya sendiri emang aku udah ngebayang2in dari lama kalo mau pake baju warna merah.

Nah, akhirnya kami berkeliling lah di pasar baru.
Gak pake waktu lama, emang lagi rejekinya atau gimana, gak sampe sejam aku sudah menemukan bahan kebaya yang aku mau.

Untuk kebaya merah untuk martuppol, aku nemu di toko Gitatex.
Di sini pilihan kebayanya banyak banget. Aku beli brokat semi france, dengan harga 250ribu untuk satu baju, yaitu sekitar 2,5 meter.
Nah, disini aku nyari juga brokat france warna baby pink di sini, tapi ternyata gak ada.
Akhirnya baru nemu di toko Makassar.
Karena bahannya france, jadi ya cukup mahal, harganya 2juta untuk 2,75 meter.
Tadinya sih aku gak pengen beli bahan france, bukan karena mahalnya tapi aku baca baca di blog orang, katanya bahan france terlalu halus kalo untuk di payet.
Tapi si ling ling meyakinkan aku untuk tetep beli brokat prancis, katanya masa baju pengantinmu dari bahan semi sih?
Hmm,, okelah, aku mengiyakan aja.
Karena aku cukup percaya dengan skillnya doi di dunia fashion dan baju bajuan.

Oh iya, untuk bawahan baju martuppol aku beli batik sepanjang 4m di toko Mawar Textile, kenapa 4 meter? karena mau dijadiin rok sama selendangnya. Tadinya gak mau pake selendang, cuma rok aja. Tapi si mama nyuruh harus bikin selendang juga, yasudahlah.

Kalo untuk songket buat kebaya pengantin, aku tidak mau coba coba kayak kata iklan. Aku menyerahkan urusan ini ke simama. Mama batak pasti cukup tau mana songket asli dengan yang palsu.
Yang beliin si mama dari Balige, lalu dikirimkan ke aku, harganya sekitar 2,6 juta.
Hmmm, mahal ya bokkk. Aku kaget pas tau kalo songket itu memang mahal.
Hadehhhhh, bagi kamu calon pengantin batak, siapin budget banyak banyak yaaaaa :(

Nahh, dan akhirnya bulan depannya aku bawalah itu si bahan2 baju ke penjahit QZM di pasar sunan giri.
Nama QZM ini pasti sudah tidak asing lagi di dunia perblog-an, aku menemukan cukup banyak calon pengantin yang merekomendasikan untuk jahitin baju disini.
Karena jarak kosan ke sunan giri juga tidak terlalu jauh, maka aku memutuskan untuk jahitin baju disini.

Nah, pas pertama kali kesana, kami datangnya sekitar jam 1 siang (aku sm ling2 again). Dan kami dapat nomor antrian 74 kalo gak salah, sementara yang dipanggi masih sampe nomor 60an.
Tadi mikirnya gak bakal terlalu lama.
Ternyata, kami baru bener2 di layanin itu sekitar jam setengah 6 sore.
Gue sm ling ling udah bolak balik nyari makan, mondar mandir gak jelas, sampe hampir ketiduran.
Mana pas kesana ruang fitiingnya cuma satu, jadi tempatnya sangat sumpek dan rameeee banget.
Ngelayanin satu orang bisa lamaaa banget, karena nomor antrian satu, tapi pada bawa rombongan. Jadi bisa sekaligus bertiga atau berempat. Ya iyalah lama.
Untung pas fiiting pertama kali, 3 minggu berikutnya, si pak Qozim udah sewa lapak satu lagi. Jadi ruangan fitting ada sendiri, dan ada sekitar 4 kamar pas, udah gak digabung lagi sama yang mau bikin baru. Ruangannya udah dipisah. Jadi udah gak sumpek sumpek-an lagi. 

Nah, aku tuh pengen bikin baju martumpol yang kayak gini ni.



 Sedangkan untuk kebaya pengantinnya kayak gini,
Aku mau belakangnya di modelin kayak gini.



Nah bagian depannya gini.




Nahhh, si pak Qozimnya langsung lah tuh gambarin model bajunya.
Setelah ditotal total, biaya yang harus dibayar itu sekitar 3,8 juta.
Itu biaya total untuk semua yang aku jahitin.
Rinciannya gini ni , kebaya martumpol ( jahit, aplikasi, bordir, payet 500ribu sama bikin bustier)
Kebaya pengantin (jahit, aplikasi, payet 1juta, bustier)
terus bikin rok sama selendang (martuppol) dan juga jahitin songket sama selendang.
Nah, tadinya menurutku harga tersebut cukup worth it lah.
Tapi itu masih perkiraaan harga sementara, karena realnya masih banyak tambahan biaya setelah aku fitting, banyak yang ternyata perlu ditambahin huhu,
Dan terakhir, finishingnya, aku harus membayar sebesar 4,8 juta.
Karena ada tambahan lagi yaitu, nambah bordir di kebaya pengantin, nambah bordir di songket, nambah aplikasi, nambah payet dan nambah kristal swaroski.
Ahhhh, duit lagi, duit lagi.

Baeklah, mari lah kutunjukkan hasil kebayaku yang prosesnya memakan waktu 3 bulan lebih sedikit, dengan bolak balik fitting, hampir nangis dan sebagainya.

Ini adalah penampakannya.
Untuk baju martuppolnya, entah kenapa dari pertama kali fitting aku udah langsung merasa puas.
Meski masih longgar sana sini, tapi kebaya itu udah kelihatan bagus.
Begini ni jadinya kebaya martuppolku,


Ini setelah fitting ketiga kayaknya.
Udah pas.
Untuk kebaya martuppol ini aku cukup puas.



 Dan ini bagian belakangnya.


Akan tetapi yang bikin aku cukup galau dan pusing itu adalah kebaya pengantinku.
Pada fitting pertama yaa aku masih merasa so so, ya mungkin belum kelihatan bagus karena belum dipayet kali.
Nah, tapi pas fitting kedua, setelah dipayet, ternyata aku masih merasa masih kurangg banget.
Begini ni hasil fitting kedua, yang masih bikin aku gak bisa tidur.


Nah pas aku nunjukin foto ini ke temen2 kantorku, mereka berpendapat baju ini kurang wah kalo di jadiin baju pengantin.
Iya sih, aku juga mikir gitu.
Huaaaaaa, aku hampir nangis.



 Padahal kan udah dipayet, sementara yang salah kayaknya adalah warna payet yang ku pilih.
Setelah memikirkan berulang ulang, maka aku minta diganti warna payet untuk bagian lehernya.
Dan aku juga minta di kasih bordiran gitu, biar baju pengantinku gak terkesan biasa banget.

Nah, menurut si mbak ida (yang bantuin fitting) sih bisa bisa aja. Tapi kasian bajunya, karena bahannya prancis, jadi ntar gampang rusak kalo bolak balik ganti.
Tapi aku udah hampir gak bisa tidur berhari hari gara2 mikirin itu, maka aku fix minta ganti payet.

Kemudian, aku datang fitting lagi.
Hasilnya kayak gambar dibawah ini.
Lagi lagi masih belum memuaskan.

Kebayanya udah di bordir plus ganti payet.
Tapi warna payetnya masih kurang greget menurutku.
Lagi lagi aku minta ganti payet lagi, minta warna pink fuchianya aja di seluruh bordirannya, bukan gradasi aja.


Hmmmm, lagi lagi bajuku di bongkar lagi....kasian brokatku :(
Aku liat ada beberapa bagian yang sedikit sobek.
Lagi lagi di ingatkan si mbak ida, harusnya beli bahan semi prancis aja, karena bahan prancis gak terlalu kuat untuk dipayet. Udah telat mbakkkkkk....
Noted ya para capeng, jangan sampe kayak aku.


Nah, fitting berikutnya,  payetnya sudah diganti jadi pink fuschia semua.
Begini nih hasilnya.


Fiyuhhhhh, ini udah lumayan banget lahhhh.
Udah kelihatan bagus kata si ling ling.
Udah banyak peningkatan dari yang kemaren kemaren.
Oh iyaaa, ini juga ada tambahan kristal swarovski 2 lusin, selusinnya 120ribu, jadi sebiji 10ribu, mahal ya bookkkk?


Setelah fitiing ini, aku minta untuk di finishing lagi, karena masih banyak kayak sisa sisa benang gitu dan bahannya jadi rada agak berbulu gitu.

Fitting berikutnya hasilnya seperti ini,
Ini setelah finishing sana sini.
Udah oke gak?
Udah pantes jadi pengantin gak?





Ini bagian belakangnya.
Mungkin gak bisa sama persis kayak yang di vera kebaya, tapi ini sih udah lumayan menurutku.






Akhirnya setelah hampir 3 setengah bulan (naroh bahan awal maret), bolak balik fitting dan bolak balik galau karena kebaya.
Awal juni kemaren, aku ambillah itu kebaya ditemenin si cami (doi lagi dinas lagi)
Meski aku bilang masih kayak ada yang kurang, tapi si cami berkali kali mengingatkan, bajuku sudah bagus kok, udah cantik kok.
Akhirnya aku angkut juga itu kebaya.
Dan langsung aku masukin ke dry clean 5asec yang di dekat Arion..
Dan aku harus yakin, kalo aku akan kelihatan cantik memakai kebaya ini (self talk)
Aminnnn...
Doain ya guys

Segitu dulu ya cerita kegalauan ane soal kebaya kebayaan ini.

byeeeee..xoxo

Love

_Veli_




Comments

  1. bisa masuk di akhir-akhir tulisan,,,asekkk,,,hehe
    udah layak kok jadi pengantin,,:)

    ReplyDelete
  2. Fighting girl !!! Bajunya cantikk koq... Be your self

    ReplyDelete
  3. Fighting girl !!! Bajunya cantikk koq... Be your self

    ReplyDelete
  4. ahhhh, noveeee....
    makasih say...*terharu
    iya nih, kadang2 msh suka mikir negatif berlebihan huhu :(

    ReplyDelete
  5. Halo para calon pengantin, mau menikah di gedung mewah tanpa ribet dan budget oke? HIS GRAHA ELNUSA jawabannya! Hijau Indah Selaras Wedding Venue & Organizer bakal bikin mimpi kamu jadi nyata. Kami menyediakan ALL IN WEDDING PACKAGE, gak perlu khawatir karena kita sudah cover :
    - Fasilitas Gedung (Full AC & Full Karpet)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Wedding Planner
    - MC + Buku Tamu
    - Mobil Pengantin Alphard

    Gak cuma itu, kamu juga bakal dapet banyak bonus seperti HONEYMOON ke LABUAN BAJO 3D2N + VOUCHER FLIGHT 10JT dan 200 PORSI FOODSTALL MILLENIALL seperti BASKIN ROBINS, HONGTANG, atau SUSHI TEI. Book your date! Whatsapp : 087884761964, Email : alifahnisa.hiscorp@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Martumpol 01082015

Promil part 3 (Profertil & Suntik Ovidrel)

Promil Part 1 (USG Trans V, Profertil dan Metformin)