Promil Part 1 (USG Trans V, Profertil dan Metformin)

Setelah cukup lama menyimpan ini di draft, saya memutuskan untuk posting saja cerita yang super duper sensitif ini. Suami sempat bilang, gak usah di publish dulu. Nanti aja kalo udah berhasil. Tapi aku merasa aku perlu menuliskan kisah ini, meski belum berhasil. Entah, mungkin buat menyemangati diri sendiri kali yaaaa dan juga sebagai pengingat seberapa banyak usaha dan cerita yang kami sudah lalui.  Cerita ini sudah dibagi menjadi beberapa bagian, nanti akan aku upload satu persatu yaaaa :) dan saya beri label kisah ini di bab "Our journey to be a mom and dad". Lets'start 




Jadi setelah setahun menikah dan saya belum juga hamil. Saya dan suami akhirnya memutuskan menemui dokter kandungan. Sempat juga bingung mau ke dokter mana, oh iya kami juga masih stay di Jakarta. Setelah browsing sana sini, akhirnya mau nyoba ke Dr. Herbert di St. Carolus. Sebenernya tadinya mau ke RSIA Bunda atau YPK Mandiri, tapi kayaknya aku belum siap untuk kesana, secara disana rumah sakit khusus ibu dan anak, aing takut baper duluan diantara ibu ibu hamil itu hehe
Dan kebetulan aku tau banget rumah sakit St Carolus ini,  karena dulu sempat bolak balik kesini karena suatu hal.
Jadi ya, aku feel comfort aja kalo kesana lagi. Oh iya, kami memutuskan ke dokter ini sekitar bulan September 2016. FYI, sebelumnya sih kami sudah beberapa kali mencoba beberapa saran seperti, minum asam folat setiap hari, makan toge, minum jus tiga diva, suami rutin minum madu, berhubungan saat masa subur. Tapi ya emang belum berhasil, atau karena kami kurang maksimal kali yaaaa. Entahlah. Daripada nebak nebak mending ke ahlinya langsung ya kan

Nah, recananya kan mau kesana hari sabtu pas si abang libur, nah kami baru nelpon itu Jumat dan pas mau daftar buat konsul, ternyata si dr Herbertnya udh penuh pasiennya. Batal deh. 
Dan karena aku emang yang udh penasaran bgt pengen tau what happened with me, bilang nyoba ke dr lain aja. Dan yg masih sepi antriannya akhirnya di dr Royanto, di Carolus juga. Kata adminnya, beliau udah dokter senior juga kok. Ok, baiklah. We'll try.

Sampailah pada hari kami akan konsul.
Aku sedikit nervous sih, takut ada apa apa dengan rahimku. 
Untung suami selalu bilang,"apapun yang terjadi, abang selalu sayang sama veli"
Uuuhhhhh, terimakasih abang.
Beneran, itu menolong banget :)

Dr Royanto ternyata cukup ramah sih yaaa, Cuma ya kalo kata suami rada kurang komunikatif, maksudnya gak mau jelasin panjang lebar kalo gak ditanya. 
Dan aku akhirnya di USG biasa dulu, itu loh yang cuma diolesin gel di perut terus diliatin rahimnya. Kata dokternya sih bersih, gak ada kista ataupun miom. Puji Tuhan, lega dikit.

Nah kemudian dilanjut dengan USG Transvaginal, kalo yang ini alatnya agak lumayan panjang, diolesin gel terus kemudian dimasukin ke  *maaf" vagina kita. Rasanya ya agak ngilu ngilu dikit. Gunanya  buat ngeliat rahim lebih jelas lagi jadi bisa liat kondisi sel telur kita,
Nah, pas disana kayaknya saya datang seminggu setelah haid. Dan kata dokternya sel telur saya tergolong kecil ukurannya, kalo gak salah saat itu masih sekitar 8mm. Harusnya minimal udah 10mm gitu. Dan si dokter juga jelasin kalo, sel telur bakal matang dan pecah setelah berukuran 18-20mm. Nah, saat sel telur pecah itulah yang dinamakan ovulasi.

Sempat rada nervous dan campur aduk rasanya sih.
Tapi akhirnya aku dikasih resep asam folat dan profertil yang harus diminum di hari ke 2 haid di siklus berikutnya, dan kami harus balik lagi pada hari ke 10 haid untuk ngeliat hasil perkembangan sel telurnya. 
Harapannya minimal pada hari ke 10 pada siklus berikutnya, sel telur sudah mencapai ukuran 10 mm.

Nah, akhirnya kami pulang.
Dan kami menunggu sampai bulan berikutnya.
Dan akhirnya kami datang sedikit terlambat di bulan oktobernya, karena saya telat menstruasi hampir sekitar 10 hari, udah harap harap cemas dong pastinya secara aku gak pernah telat selama itu.
Dan ternyata di tespack, negatif dan malamnya ternyata bocor lagi, huhu
di PhP-in yaaaaa, fiyuhhhhh....

Nah, pas kita kesananya hari ke 10, kita ngasih tau dong kondisinya. Tapi ya kata dokter hal kayak gitu bisa aja terjadi, bisa aja karena stress atau hormon.
Yasudah, trus di USG trans V lagi, dan ternyata ukuran sel telurnya masih tetap kurang, belum sesuai dengan yang diharapin dokternya, padahal udah dikasih profertil kan ya, Ukurannya masih 8mm saat itu, sementara diharapkannya udah 10mm.

Dokter akhirnya bilang, yaudah dicoba dulu ya. Disuruh berhubungan 2 hari sekali sambil tetap makan asam folatnya sama disaranin ditambahin minum susu hamil, kayak prenagen es*nsis.
Oh iya, saat itu aku dikasih Metformin, beliau menjelaskan kalo ini adalah obat untuk diabetes sebenernya, tapi efek sampingnya dia bisa merangsang hormon.
Aku sempat bingung sih kenapa dikasih obat diabetes, tp dokter meyakinkan efek samping dari obat ini malah bisa merangsang hormon dan mematangkan sel telur.
Hmmm, yaudah, apa kata dokter ajalah. Ini sih yang rada bikin males, dokternya kayak pelit ilmu gitu. ngejelasinnya gak detail dan nanggung nanggung. Suami rada males jadinya. 

Kita pulang lagi dan  berusaha lagi.

Dan setelah dihitung2 sesuai aplikasi, maka masa subur ku mulai sekitar tgl 4 November, dimana pada tgl 5 Novembernya nya suami berangkat untuk tugas kerja ke London. Hmmm, lagi lagi gagal. Sepertinya belum berjodoh yaaaa.
Ya pastilah bulan ini belum bisa hamil karena suami aja pergi ke luar negeri selama 2  minggu lebih.
Belum rejeki berarti.
.
.
.
.
.
.
.
Nah, akhirnya di bulan november setelah suami pulang dan akhirnya di akhir bulannya dapet lagi, kami ke dokternya lagi pas hari dapet ke 10. 
terus kita Ngasih tau kondisinya.
Ya dokternya bilang, emang belum rejeki. Pas masbur malah pisah kan.

Terus dikasih resep kayak biasa lagi, asam folat, profertil tapi kali ini dosisnya dua kali lipat, jadi 2 kali sehari, sama metformin.
Disuruh datang 5 hari lagi.
Hari ke 15nya aku datang sendiri, karena bertepatan dengan hari biasa dan dokternya praktek pagi. Aku gpp sendiri karena cuma buat usg trans v aja.
Deg degan sih, bagaimana kondisi sel telurku nantinya.
Karena sudah hari ke 15 setelah haid, dokter berharap ukurannya minimal sudah 18mm
Dan aku pasrah aja ketika usg trans v nya.
Suami juga selalu kasih support, dan bilang gak bakal ada yang bisa merubah cintanya ke aku.
Meski lebay, tapi aku bener bener butuh kalimat itu.
Really, it is means a lot for me.
Biasalah, baper..

Dan puji Tuhan sekali, saat dicek ukuran sel telur aku sudah 18mm persis. Dan itu bagus kata dokter.
Dokter menduga, dalam waktu dekat diharapkan telurnya bakal matang dan pecah.
Dan kami disuruh berhubungan mulai malam itu.

Okeiiii, aku lumayan girang
Dan langsung kasih kabar ke suami.

Terus, lagi lagi belum rejeki atau belum dikehendaki Tuhan.
Besoknya aku jatuh sakit, demam sampe semingguan.
Lagi lagi kami menyia nyiakan masa suburku dan sel telurku yang lagi bagus :(

Sedih sih.
Tapi kata suami, memang belum waktunya Tuhan.

Tapi kami percaya janji Tuhan itu sempurna.
Rancangan Tuhan itu jauh lebih indah daripada rancangan kami sendiri.
Dak akhirnya setelah promil itu, aku ngerasa males lanjut promil, karena sedikit down dan bilang ke suami, gak usah promil dulu. Nanti lagi aja kalo aku udah siap lagi.
Dan sekalian mau ganti dokter aja.


_to be continued_

Love
Veli

Comments

Popular posts from this blog

Martumpol 01082015

Promil part 3 (Profertil & Suntik Ovidrel)