Promil part 2 (Cek Hormon dan Tiup Rahim)

Setelah beberapa bulan absen ke dokter. Sekitar bulan April 2017. Kami membulatkan tekad untuk konsul ke dokter kandungan lagi. Masih tetap di carolus, tapi kali ini ganti dokter. Kami akhirnya memutuskan konsul ke dr Herbet. Kami telp seminggu sebelumnya buat daftar, karena beliau ini lumayan rame pasiennya jadi mesti telp agak lama biar dapet nomor antrian.

Dan ternyata aku baru tau, beliau masih muda banget . Kirain udah tua wkwkwkw
Dan syukurnya orangnya juga ramah dan lebih komunikatif daripada dokter sebelumnya.
Aku pun menjelaskan kondisi kami kepadanya. Soal sudah pernah promil pake profertil dan metformin dan soal ukuran sel telurku yang kecil.
Oh iyaaa, ngasih  juga hasil lab cek sperma suami yang hasilnya adalah normozoospermia alias kondisi sperma dalam keadaan normal dan tidak ada masalah.

Nah, si dokter sempat melontarkan komentar, kalo beliau curiga kalo aku ini adalah PCOS ( Polycistic Ovary Syndrom). Nah, kalo ini aku udah gak kaget, karena pada promil sebelumnya aku juga langsung browsing, kenapa aku dikasih obat metformin, yang ternyata merupakan salah satu terapi buat penderita PCOS. 
Tetapi pas aku nanya apa aku PCOS pada dokter sebelumnya, beliau tidak memberi jawaban yang jelas. 
Jadi ketika dokter yang ini bahas PCOS lagi, aku sekalian nanya2 banyak soal PCOS ini.

Oh iyaaa, disini aku gak mau banyak bahas soal PCOS karena aku bukan ahlinya, kalo kalian yg baca penasaran, di  internet ada banyak banget penjelasannya. Tapi singkatnya PCOS ini adalah gangguan hormon yang menyebabkan sulitnya hamil bagi wanita. Sebagai salah satu ciri cirinya adalah punya banyak sel telur tapi kecil kecil seperti yang kualami, sehingga bagaimana mau hamil karena ovulasi aja susah. Gitu....

Tapi dokter Herbert ini gak langsung menjudge aku kena PCOS. Dia bilang ada banyak hal yang harus diperiksa sebelum memvonis seseorang terkena PCOS. Nah, untuk itu, aku disaranin buat cek hormon dulu. Biar tau dulu kondisinya gimana, baru diambil tindakan.

Doi juga menyarankan aku untuk olahraga minimal 30 menit dan 5 kali seminggu, sampe bener bner berkeringat. Dia juga cerita kalo pasiennya banyak yang hamil karena olahraga.


Okeiii, let's do that.
Aku pun melakukan cek ke Lab Prodia.
Aku dikasih surat rekomendasi  untuk cek hormon yaitu, Insulin, LH dan Prolactin.
Dan ngeceknya pas hari ke 2 haid.

Oh iya, karena cek kadar insulin juga, maka aku harus puasa dulu malamnya.
Biaya cek hormon ini sekitar 1,3 jutaan kalo gak salah.

Dan hasil ceknya keluar sekitar 3 hari kemudian, dan hasil yang aku terima langsung aku kasih suami dan kita browsing sama sama karena gak sabar nunggu penjelasan dokter.

Dan puji Tuhan, hasilnya ternyata normal semua.

Dan ketika kita bikin janji konsul lagi sama dokternya di bulan berikutnya.
Dokternya seperti yang sudah kami tau, bilang kalo semua ini artinya hasilnya hormonku normal.
Harusnya bisa hamil normal Bu" begitu katanya doi

Seneng sih dengernya.
Ngerasa semangat lagi buat promilnya.

Dan si dokter nyaranin buat cek saluran tuba. Harusnya sih pake cek HSG, tapi kata dokternya dicoba di semprot/ditiup dulu, kalo misal nanti hasilnya kurang baik baru di lakukan HSG. Soal HSG ini udah pernah aku baca baca juga. Aku langsung mengiyakan saat itu juga. Sebelumnya aku gak tau apa2 soal tiup rahim atau Hydrotubasi ini. Aku nanya ini sakit apa enggak, dokternya bilang enggak terlalu.

Baiklah. Palingan kayak trans V, pikirku.
Nah, mulailah dilakukan tindakan.
Saking santainya, si pak suami nunggu di meja si dokter, sementara aku udah di ruang tindakan sama dokter.
Dan pas disemprot, OH MY GOD, itu mules banget.
Dokternya bilang, mules dikit ya bu.
Tapi, kenyataannya mulesnya itu mules semules mulesnya :( :(
Sakit lah pokoknya.

Nah, jadi tiup rahim ini prosesnya rahim kita disemprot dengan cairan kimia gitu, nah kalo ada cairan yg masuk berarti salurannya aman gak ada hambatan, gitu. Pas disemprotin/ditiup itu sakitnya langsung meningkat drastis sampe aku teriak. Gila, sakit banget.
Nah kata dokternya cairannya masuk dan keliatan di layar usg, berarti baik menurut dokternya.
Berarti gak usah HSG, ini aja udah cukup. Buktinya salurannya gak tersumbat, gitu menurut dokternya.

Oke ,
Tapi rasa sakitnya lama banget berkurang, aku bahkan gak bisa bangkit dari tempat tidur sampe sekitar 5 menitan.
Pas ngobrol sama dokternya, nyerinya mulai berkurang,

Nah, pas di perjalanan pulang dong.
Itu nyerinya makin menjadi jadi, aku gak tahan sampe hampir nangis dan suruh sopir taksinya ngebut, karena rasa sakitnya makin menjadi jadi. bingung mau duduk atau berbaring, sakit semua.

Sampe apartemen, langsung tiduran dan sama sekali gak bisa tidur miring, setiap bergerak, perut rasanya gak karuan sakitnya.
Mulesnya itu kayak lagi diare akut tapi bedanya ini gak tau ngobatinnya gimana.
Setelah browsing2, emang ternyata begitu efek sampingnyaa..
mesti dikuat kuatin huhuhu...

Kalo tiup rahim aja gini, gimana HSG yaaa?

Aku bener bener tepar sekitar 2 hari. Hari kedua baru enakan perutnyaa.
Fiyuhhh, akhirnya yaaa.

Oh iya, pas pulangnya kami dikasih profertil lagi sama dokternya. 
Diminum pas menstruasi bulan depan, dan kembali konsul pada hari ke 10 haid.

Sooo, segini dulu yaa part 2 nyaaaa...
Nanti dilanjut lagi ya buibu...

Semangat promil. God bless us
Kiss kiss..

Love,

Veli


Comments

  1. Gimna akhirnya bun skr sudah ngisi soalnya aku juga mau tiup rahim sudah 7 tahun belum punya anak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Martumpol 01082015

Promil part 3 (Profertil & Suntik Ovidrel)

Promil Part 1 (USG Trans V, Profertil dan Metformin)