Kursus Jahit di Juliana Jaya

Haiiiiii...aku datang lagi..
Mumpung mood menulis lagi datang ni..

Disini aku mau ngasih tau sesuatu. Di postingan liburan ke Bali, aku pernah bilang kan kalo kami sedang berada di Jakarta untuk dinas suami yang sedikit panjang, yaitu sekitar 3 bulan.
Nah, sampe sekarang yaitu Juni 2017, kami juga masih stay di Jakarta.
It means, kami udah hampir setahun tinggal di Jakarta.

Emang awalnya cuma 3 bulan, kemudian ternyata kerjaan di Jakarta belum kelar, jadi di extend lagi 3 bulan kemudian. Dan saat kami pulang kampung waktu Natal dan Tahun Baru kemaren, kami pun berangkat dan pulang ke Jakarta. Nah, tadinya awal Januari sudah harus pulang juga, eh ternyata kami diextend lagi sampe awal April. Dan ketika april datang, kami sempat pulang ke Dumai dan baru seminggu kami di Dumai, sudah disuruh balik lagi ke Jakarta dan di extend lagi sampe awal Juni.

Dan sekarang sudah bulan Juni, kami yang harusnya pulang ke Dumai pun, ternyata di suruh dinas lagi ke Surabaya, dan saat aku menulis blog ini, kami sedang ada di Surabaya sampe dengan seminggu ke depan.
Dan nanti habis darisini kami balik ke Jakarta atau Dumai,liat nantilah yaaa. We will see, sekarang saatnya bukan buat bahas soal kerjaan hubby. Nanti mungkin akan ada postingan terpisah soal ini.

Tapi yang mau kita bahas sekarang adalah, apa yang aku lakukan selama menemani suami dinas di Jakarta???

Coba tebak, ya pasti udah taulah yaaaa, secara udah baca judulnya yekan.
Yuppp, aku ikut kursus jahit,
Kenapa? Kedengarannya kurang oke ya, kedengaran kurang keren yaaaa.

Iya sih. Tapi kenapa bisa sampe kursus jahit begini ceritanya.
Kita kan udah tau ni mau tinggal d Jakarta 3 bulan, nah sebagai wanita yg udah biasa sibuk dan setahun belakangan gak ada kegiatan selain di rumah dan arisan ala ala ibu rumah tangga, maka ketika ada kesempatan tinggal sementara di Ibukota , otakku langsung berputar untuk mencari kegiatan yang bermanfaat, hitung2 nyari ilmu.

Nah, tadinya ada beberapa pilihan seperti les bahasa, kursus masak, kursus make up dan kursus jahit.
Akan tetapi setelah melalui beberapa pertimbangan, akhirnya diputuskan untuk kursus jahit.
Kenapa? Karena aku butuh kegiatan tiap hari, gak mau cuma bengong di kamar hotel seharian. Sementara kalo kursus masak atau les bahasa kan kayaknya cuma butuh beberapa hari, paling cuma beberapa kali pertemuan ya kan.

kedua, kalo kursus make up, aku tertarik sih, tapi yang aku liat, kalo cuma sekedar private class, paling cuma beberapa hari, kalo sekolah kecantikan yang pro, alamak harganya bikin puyeng karena belasan jeti.

Nah, akhirnya diputuskan lah untuk kursus jahit.
Nah, mulailah nyari nyari beberapa referensi kursus jahit yang ada di Jakarta.
Ada beberapa yang aku survey dan aku minta pricelistnya.
Kemaren ada beberapa pilihan kayak Monalita, Blessed Modiste, Juliana Jaya dan beberapa laiinnya yang aku dapat di internet.

Dan setelah menimbang sana sini, akhirnya aku memutuskan untuk kursus di Juliana Jaya.
Beberapa alasan kenapa aku memilih kursus disini adalah karena :

1. Harganya lebih murah dari semua tempat kursus yang udah aku survey.
Kemaren aku ambil paket dasar aja dengan biaya sekitar 4juta. Sebenernya ditawarin si mbak resepsionisnya untuk ambil paket lengkap, yaitu dasar-terampil-mahir, harganya lebih murah yaitu sekitar 7juta plus dapat mesin jahit merk Juki.
Tapi berhubung tadinya kami cuma 3 bulan aja di Jakarta, jadi aku ambil paket dasar aja, sayang kalo ambil paket lengkap tapi gak dijalanin ya kan.
Meski pada endingnya ambil juga karena ternyata longstay, dan jatohnya emang lebih mahal kalo ambil paket terpisah huhuhu.

2.Jam kursusnya sangat flexibel. Aku ambil yang regular, yakni masuk dari senin sampe jumat. Satu hari masuk 3 jam. Tapi datangnya bisa terserah kita mau jam berapa. yang penting 3 jam.
Jadi gak dipatok harus masuk pagi atau siang. Datang jam berapa aja boleh, asal selama masih di jam kerja yaitu jam 08.00-16.00.
Aku sih biasanya berangkat jam 12, jadi sampe sana jam 1 dan aku pulang jam 4
Soalnya kalo pagi masih repot *gayaemakemaksoksibuk

3. Suasananya gak kaku. Jadi gak usah bayangin kayak kelas yang harus banget belajar terus. Suasana belajarnya sih cukup santai, lebih ke kekeluargaan. Jadi guru sama murid bisa becandaan. Dan seringkali juga diadakan makan bersama kalo ada ultah dan semacamnya.

4. Dijamin sampe bisa, Slogan mereka ya ini sih. Jadi dalam belajar itu, gak dipatok misalnya nyelesaiin satu baju harus kelar dalam sekian hari, jadi sebisanya si murid aja. Jadi misalnya kita masuk barengan, tapi bisa aja si A lebih cepet selesainya dari si B, karena tergantung si anak gimana nangkep pelajarannya.

5. Semi private. Nah bukan private yaa, tapi semi. Jadi kita semua berada dalam kelas yang sama, tapi pelajaran yang sedang kita kerjakan itu berbeda satu dengan yang lain. jadi si guru ngajarin satu satu pelajarannya ke kita.
Hampir 70 % sih praktek, sisanya teori.

Nah, itulah beberapa alasan yang akhirnya membuat aku kenapa memutuskan kursus di Juliana Jaya. Oh iyaaa, aku ikut yang di kantor pusat di Pulogadung. emang jauh sih, dari tempat tinggal kami di Rasuna Said, tapi di sekitar Jaksel emang gak ada cabangnya, dan disaranin ke Pulogadung aja.
Dan untungnya di depannya ada halte busway persis, jadi yaaa okeilah. Bisa hemat ongkos berarti, meski jauh.


Nahhhh, FYI yaaa...aku sama sekali gak ada minat di bidang jahit menjahit. Aku gak suka gambar2 desain kayak teman yg emang udh hobi desain. Pegang jarum aja aku jarang. Sempet takut juga awalnya aku bakal gak bisa ngikutin pelajarannya, apalagi sama sekali gak pernah jahit.
Tapi ya semua berawal dari kebiasaan dan kondisi ya kan.

Kalo tiap hari ketemunya guru jahit dan teman teman yang ngejahit, ya lama2 termotivasi juga biar bisa ngimbangin mereka yekan...


Nah, dibawah ini adalah beberapa hasil jahitanku selama berada di Tingkat Dasar. 


Ini adalah karya pertamaku. Kainnya gak banget yaaa, ini soalnya bukan beli sendiri, tapi dari gurunya di JJ. Ini adalah pelajaran pertama banget di tingkat dasar. Blouse Wanita
Gimana hasil karya pertamaku? Jangan diketawain yaaa. Meski masih kayak gini, aku cukup berbangga bisa menyelesaikan karya ini mulai dari gambar pola (ini yg paling rumit karena mesti bolak balik liat buku karena belum terbiasa dengan rumus2 pola nan ribet), kemudian gunting bahan sampe dengan jahit kainnya sampe kayak gini.



Terus daster 


Kemeja wanita





Sack Dress

Ini baru pertama kali aku memakai hasil karyaku sendiri, karena yg sebelum2nya aku belum pede makenya, ada yang bahannya kurang oke untuk dipake dan ada yang setelah jadi ternyata ukurannya kegedean. Yang ini sih kegedean juga awalnya, tapi kan udh lumayan bisa ngejait, jd udh paham ngecilin baju sendiri hihii..


Dress Bayi
Aku baru paham kenapa harga baju anak anak bisa sama dengan harga baju orang dewasa, atau bahkan lebih mahal. Karena ternyata jahit baju anak2 lebih ribet daripada ukuran dewasa, karena ukurannya kecil2, ribet jahitnya huhuhu...



Baju bayi


Kebaya Kutu Baru


Nah itu adalah sebagian besar dari pelajaran menjahit tingkat dasar yang aku pelajari di JJ.
Meski itu belum semuanya sih, karena ada beberapa  yang aku lupa foto kayak rok lipit hadap, kulot dan bbrp lainnya.


Kemudian, karena akhirnya kami diperpanjang di Jakarta, aku melanjutkan lagi kursusnya ke tingkat terampil yeayyyy.....
Dan sampe sekarang, aku juga masih di tingkat terampil yaaa.
Karena yaa, kadang aku gak masuk seminggu lebih, kalo kami balik ke dumai, waktu pulkam desember sampe 2 minggu dan kayak sekarang, aku udah gak masuk seminggu. Dan kalo misal diperpanjang lagi, baru masuk kembali setelah lebaran karena JJ juga liburnya lumayan panjang.


Dan ini beberapa karyaku di tingkat terampil.
Yang jelas, udah better banget di banding yang dasar.
Dan pastinya lebih banyak dipake, karena sengaja beli bahan yg bisa dipake dan jahitan sudah mulai layak dipake, meski masih banyak kekurangan sana sini hehehe *banggasikitgakpapaya



Outer alias blouse kerah setali 




Rok 1/2 Lingkar alias Flare Skirt


Rok Sungkup


Dress Lengan Tulip


Kemeja Pria
Yeeeeeee, pertama kali bikin kemeja cowok langsung dipake suami.
Meski sebenernya hasilnya gak sebagus di foto, masih banyak cacatnya ini sebenernya.
Tapi suami tetep kekeuh mau make, yowess...
Makasih Papi Paima :*


Dan dress biru buatan aku. Aku yang pake baju biru ya geng. Dan ini pertama kalinya kondangan pake dress buatan sendiri. Yuhuuuuuuu.....



Nahhhh, sebenernya masih ada beberapa juga karya yang belum aku foto tapi belum kelar, kayak rok mermaid,blouse lengan setali dan blazer. Nanti kapan kapan yaaa aku posing lagi yaa.
Dan sekarang sih aku lagi ngerjain kemeja pria motif kombinasi yang udah 3 minggu gak kelar kelar, karena salah terus huhuhuuh...

Oh iya, sebagai tambahan,
NOTES !!
Harga2 yang aku cantumin disini adalah harga saat aku mendaftar pertama kali yaitu Agustus 2016.
Dan sekarang pastinya harganya sudah berbeda yaaa.
Dan satu lagi, ini honest review yaa , bukan sponsor apalagi endorse hahahaha.

Yah namanya juga lagi sekolah ya kan, ada saatnya juga kita kadang kadang jenuh ataupun malas.
Dan eike kadang2 suka bolos juga kalo lagi males *janganditiru

Jadiii, apakah sekarang cita citaku sudah berubah dari jadi wanita kantoran jadi tukang jahit?
Entahlah, aku juga belum tau.
Cita cita jadi wanita karir masih tetep ada.
Tapi cita cita jadi enterpreneur juga makin menggebu gebu.

Ya, we will see ajalah yaaa.
Terserah Yang Maha Kuasa sajalah, kemana hidup ini akan dibawa.

Sekarang dinikmati aja dulu setiap prosesnya ya kan.
Siapa tahu beberapa tahun dari sekarang, aku bisa jadi desainer dan punya butik ye kan.
Amin ya Tuhan.

Thanks for reading ya luvs,


Love,

Veli



Comments

  1. Ini baru namanya mereveiw suatu pengalaman dengan cara yg apik...jelas dan bnyak foto juga,,sukses terus ya kakak cantik...semoga cita cita jadi pengusaha nya di kabulkan sama TUHAN,,,aminnn🙏 btw tq ya reveiwnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Martumpol 01082015

Promil part 3 (Profertil & Suntik Ovidrel)

Promil Part 1 (USG Trans V, Profertil dan Metformin)