Bangka Belitung Day 1

Hallooooooo dear blog,
Kali ini mau cerita soal traveling lagi, bukan keribetan persiapan nikahan aku hehe.
Dari kemaren kan postingannya selalu soal "going to be a bride " terus, nah di sela sela postingan kegalauan persiapan nikahan ane, aku selipin cerita traveling aku lagi yaaa.

Kali ini travelingnya bukan sama pacar ane, kali ini sama dua sohib eike. Jadi bisa disebut ini adalah lady's trip.
Jadi awal mulanya gini, kebetulan aku sama temenku si ling2 kan kepengen tuh liburan bareng, nahhhh trus ngajak si oci karena kurang seru kalo gak rame. Nah, sepakat nih pada mau jalan. Terus mulai lah pencarian dimulai, aku mulai cari2 tanggal long weekend plus hunting2 tiket.
Ehhh, setelah liat liat harga tiket, aku nemu tiket ke Babel ( Bangka Belitung) 900ribu pp, gak pake pikir panjang, aku kasih tau ling ling dan oci, dan mereka setuju...
Langsung booking deh itu tiket buat kami ber3, dan aku bookingnya itu Juni 2014 bookk, dan kami berangkatnya Mei 2015 kemaren, hampir setahun hehehehe...

Dannnnnn...akhirnya gak terasa ya guys,
Liburan pun tiba.
Kami berangkat tanggal 1 Mei 2015 yang bertepatan dengan libur Mayday,
Naik pesawat singa dan penerbangan pertama jam 6 pagi. Kami berangkat subuh, janjian ketemu di bandara jam 4 pagi.
Mata udah ngantuk banget sebenernya, baru packing sekitar jam 9an malam, tidur jam sebelas-an, jam 2 udah bangun dan langsung  berangkat ke bandara.
What a hectic day.

Finally kami bertiga sampai juga di bandara,dari penjuru yang berbeda. Aku dari matraman, oci dari bekasi, ling ling dari cibubur dan akhirnya bertemu di cengkareng.
Langsung check in, urus bagasi daaaaaannnnn kami bersiap untuk HOLIDAY...horeeeeee.........
Oh iya FYI, kita emang sengaja ke Bangka dulu, meski hanya setengah hari.
Rencananya ntar dari Bangka kita bakal nyebrang ke Belitung naik kapal.

Sooo...inilah dia muke muke kami yang udah gak sabar menikmati liburan ini.
FYI, kedua rekan akika ini udah eksis pagi pagi bookk, udah pada pake celana pendek subuh2,
Ckckckckckc
Sementara gue pake jins panjang, abisan dingin ya bokkk.

Ketiga ciwi ciwi manis ini udah bersiap holidei yang direncanakan setahun ini.
Oh iya, FYI lagi, kita udah nabung juga untuk liburan ini loh. Kita nabung 200ribu per bulan, meski in fact, tabungan tersebut tetep aja kurang, tetep banyak nombokin juga hahaha.

Kita harus terbang pas sang fajar menyingsing lohh...hihihi, saat orang2 pasti belum pada bangun karena ini kan hari liburrr guys.

Setelah perjalanan singkat yang cuma sejam aja dari Jakarta, akhirnya kita sampai di Pangkal Pinang.
Hellooooo Bangka..
Abaikan muka muka bantal kami yaaaaa,
Oh iyaaa, biasakan untuk menikmati muka muka narsis kami di postingan ini yaaa.
Maklum kami bertiga adalah ciwi ciwi narsis, meski kadar kenarsisannya berbeda hehehe...

Ohh iyaa, kenalkan partner perjalananku kali ini.
Dari ki-ka : Ini oci, teman sekosan zaman kuliah, temen sejurusan juga, pendamping wisudaku juga
Tengah, akika dong yaaa.
Yang kanan, Desy alias ling ling, sohib gue sedari SMA, temen curhat, temen shopping, temen apalagi yaaa? Sohib gue dari dulu lah pokoke
Dan sifat kami bertiga gak ada yang sama.
Oci, si kecil nan manja, suka ngerepotin orang lain, berantakan, tapi dia pecinta alam, suka naik gunung. Sungguh anak yang aneh bukan? Gue aja selalu heran, anak manja kayak doi bisa naik gunung ckckckckc
Desi alias ling ling, temen gue yang fashionista banget. Pecinta fashion, suka shopping, anak pantai dan suka gambar baju.
Sementara gue, ahhh....gue diem ajalah yaa, gue gak bisa nilai diri gue sendiri hahahaha
 Tapi perbedaan karakter ini yang bikin kami saling melengkapi dan sukses bikin kami ngakak selama perjalanan.
FYI lagi, tadinya oci dan ling2 tidak saling mengenal.
Sedari kuliah aku sering cerita sama oci mengenai sahabatku si desi, demikian sebaliknya. Dan akhirnya mereka bisa kupertemukan.
Untung aja mereka bisa cocok hihiihi :)

So lanjut ceritanya yaaaa,
Nah akhirnya pas udah sampe di Bangka.
Kita bingung dong yaa mau kemana duluan.
Akhirnya ada Bapak2 yang nanya kita dan akhirnya nawarin mobil buat kita jalan2 setengah hari include nganter ke pelabuhan, dengan biaya 300ribu.
Tadinya kita masih mikir mikir dulu.
Setelah diskusi bareng geng ane, akhirnya kami ambil jasa si Bapak tsb, dengan biaya 300ribu. Mobil, include bbm, nganterin setengah hari.
Habisan bingung juga mau kemana, sementara kelihatannya taksi dan angkot tidak terlalu banyak di sana.

Akhirnya destinasi pertama adalah cari tempat makan. Karena kita udah kelaperan, belum pada sarapan.
Si Bapak merekomendasikan Mie Koba,katanya sih mie khas Bangka.
Begini ni penampakannya si mie Koba.
Rasanya manis manis gurih gitu.
Enakkkkk :)

Kalo gak salah seporsinya 15ribu deh.
Untung juga ada si Bapak supir, jadi ada yang motoin deh hehehe..

Nah abis sarapan, kita lanjut city tour. keliling keliling liat kota Pangkal Pinang. Nah terus ling ling minta ditunjukin bekas galian timah, secara Bangka kan terkenal dengan tambang timahnya. eehhhhh si Bapak nunjukin kubangan beginian.
Emang sih, bener bekas galian timah, tapi kan kita minta yang agak bagusan, eh nunjukinnya yang kurang terawat begini. Tapi gpp lah, dasar banci kamera, tetep aja foto hehehehe. Ntar gue tunjukin yang bagus di Belitung yaaa.

Lanjutttt...kita menuju Pantai Tapak Hantu.
Dikatakan pantai Tapak Hantu, karena di batu batu2an tersebut ada satu tapak (jejak) kaki.
Yang kayaknya impossible kalo di batu batu granit ada cetakan kaki kan?
Masa dicetak?
Nah, jadi jejak tersebut dianggap misterius gitu sih.

Pantai ini adalah pantai alami yang masih baru terekspos. Belum banyak diekspos menurut bapaknya, karena jalan menuju kesini pun masih jelek banget.
Masih lewat jalan tikus gitu.
Oh iyaaa, satu keunikan mengenai pantai2 di Bangka maupun Belitung adalah, kalo surut, surutnya panjanggggg banget.
Bisa 1kilometer lebih.
Jadi kita bisa jalan di pantai yang biasanya tertutup air ini.

Bisa liat pohon pohon di belakang kami?
itu adalah pohon pohon bakau yang biasanya terendam air.

Ini kondisi pantainya lagi surut.
Baru kali ini ngeliat pantai yang surutnya panjanngggggggg banget.
Luar biasa.

Okeiii, habis dari pantai ini, kita lanjut ke destinasi selanjutnya.
Pantai Pasir Padi.
Kalo pantai ini udah komersil kayaknya.
Kelihatan dari banyaknya tukang jualan di sekitar pantai ini.
Dan juga udah rapi, katanya sih yang ngelola pihak swasta (info dari bapak supir)

Ini juga pantainya lagi surut tuhhhhh....

Pose ala ala candid, padahal mah disengaja hahahaha

Disini kita niatnya cuma mau duduk duduk santai.
Nikmatin pantai yang airnya jauhhhhhh di depan, karena surut.
Jadi kita duduk duduk aja, sambil makan otak otak dan gorengan dan minum air kelapa dong.
Nih gue kasih foto si kecil kami yang narsis yaaaa....

Selamat menikmati Pantai Pasir Padi.
Ini view dari tempat kami duduk.
Airnya juga sama noh, jauhhhh di depan banget. Kagak keliatan.
Katanya semua pantai di Babel gitu semua, kalo surut jauhhhhh banget.
Pantainya tinggal hamparan pasir gitu.

Gue gak tau kenapa disebut pasir padi, bapaknya juga gak tau. Katanya udah dari dulunya disebut begitu.
Mau turun ke bawah, pada males banget. Karena panas banget. Katanya anak pantai tapi takut panas hahahaha.

Setelah jajan jajan cantikk, kita bergegas menuju destinasi selanjutnya.
Yaitu BBG (Bangka Botanical Garden)
Bentuknya kayak Kebun Raya Bogor gitu deh.
Banyak dipakai buat prewedding juga katanya.
Banyak pohon pohon, aneka tanaman dll.

Suasana disini lumayan sejuk.
Banyak pohon pohon tinggi.
Kayak dibawah ini ni...
Cocok buat tempat bernarsis ria.

Ada juga rumah kayak rumah adat gitu deh.
Cuma kita gak masuk ke dalam karena kayaknya gak boleh masuk juga sih.
Ini aja nemunya pas mau ke toilet.

Baru setengah jam di BBG ini, tiba tiba angin bertiup kencang banget.
Mungkin karena banyak pohon pohon, suaranya jadi kayak angin topan gitu.
Kita langsung buru buru kabur dan masuk mobil,
Kayaknya emang kita emang udah disuruh untuk segera beranjak dari sini.
Karena jam sudah menunjukkan pukul 12 siang, kita minta dianter langsung ke pelabuhan aja.
Karena infonya Kapal yang menuju Bangka jadwalnya adalah sekitar jam 1 siang.
Maka langsung lah kami cuss menuju Pelabuhan Pangkal Balam.

Nama kapal penyeberangan dari Bangka ke Belitung adalah Express Bahari.
Kapal ini hanya beroperasi sekali sehari.
Dari Bangka menuju Belitung pada siang hari sekitar jam 2 siang, dan sebaliknya dari Belitung ke Bangka pada pagi harinya sekitar jam 8 pagi.
Tipe kapalnya adalah sejenis jetfoil.
Begini ni kapalnya,
Keren yaaa, baru kali ini naik kapal penyeberangan kayak gini, hehe..

Oh iya, kita beli tiket VIP seharga 240ribu per orang.
Ada juga sih tiket Eksekutif seharga 220ribu per orang, sedangkan ekonomi 180ribu.
Tadinya mau beli eksekutif aja, tapi karena selisih harganya hanya 20ribu aja, makanya sekalian aja yang VIP.
Ternyata pilihan kita tepat.

Begini nih bentukan dalam kapalnya.
Ada tivinya, full AC, bersih, nyaman, dapet makanan, kursinya bisa diset, dan letaknya di bagian atas kapal. Jadi goncangan ombak tidak terlalu berasa. Jadi harga 240ribu worth it lah. Pilihan ini tepat bagi kami yang tidak kuat dengan ombak laut kencang, alias mabuk laut hehehe.
Apalagi perjalanan ini lumayan lama, sekitar 4 jam pemirsahhh.

Ini adalah saat kita baru naik kapal.
Masih tetep eksis di saat muka muka udah kucel karena bertualang setengah hari di Bangka.
Saatnya menikmati perjalanan 4 jam ini menuju destinasi sebenernya, Pulau Belitung

Fiuuuhhhh,
Setelah menempuh perjalanan 4 jam yang lumayan untuk tidur dan rada garing karena gak ada sinyal.
Maka sampailah kami di Pelabuhan Tanjung Pandan sekitar jam 6 sore.
Pelabuhannya kecil, lebih kecil dari pelabuhan Pangkal Balam di Bangka.
Kami menunggu jemputan Pak Andi, supir yang sudah kami booking untuk mengantarkan kami keliling belitung selama perjalanan kami.
Karena ada sedikit miskom, kami nunggu Pak Andi cukup lama, hampir sejam sampe pelabuhan udah sepi.
Tapi akhirnya kami dijemput juga,,,horeeeeeee....

Kita langsung cusss ke hotel untuk check in.
Kita nginep di hotel Pondok Impian 2, jangan sampai salah yaaa. soalnya ada juga Pondok Impian doang, kalo kita yang ada "2" nya. Meski depan depan2an, tapi fasilitasnya beda jauh hehe.
Kami sudah pesan penginapan lewat booking.com  untuk 2 malam ke depan, dengan harga 450ribu per malam. Ditambah extra bed kena cas 150ribu per malam, karena kami ber3.
Pas liat hotelnya ternyata lumayan, gak jauh beda dengan gambar di internet.
Ini kamar kita, kamarnya luas. Pas buat kami bertiga.
Itu oci si tukang molor udah langsung rebahan aja.

Bentuknya sih bukan kayak hotel, tapi lebih tepatnya kayak mini cottage gitu.
Untuk review lengkap hotelnya, aku review di postingan selanjutnya yaa..
Kami ke hotel cuma mau naroh barang doang,
Kita langsung cuss lagi buat nyari makan malam. Kita udah kelaperan banget.
Nah, kita tadinya di bawa ke satu tempat makan yang cukup terkenal di belitung, namanya Rumah Makan Tempo Doeloe.
Kayaknya banyak artis2 yang datang ke Belitung makan disini, noh foto2 di belakang gue itu adalah buktinya.

Tapi sayang tempatnya udah full booked semua. Kata pramuniaganya harus reserved dulu soalnya warung mereka rame terus.
Okeiii baiklah, tidak apa apa.
Pak Andi tidak kehabisan akal.
Kami dibawa ke rumah makan berikutnya,
Rumah Makan Mak Panggong.

Disediakan spot buat foto2 juga ini.
Tema rumah makan ini adalah ala ala kampung nelayan gitu,

Tempat makan ini adalah spesialis seafood.
Karena daerah kepulauan yang dikelilingi laut, emang rata rata tempat makan di belitung gak jauh jauh dari seafood. Jadi puaskan lah makan seafood banyak banyak.

Ini sebagian dari menu kami.
Aku lupa namanya,huhu.
Yang kuah kuning itu aku lupa namanya, itu ikan dikasih kuah gitu, enakkkkkk....

Setelah kenyang makan malam.
Kita langsung minta dianter balik ke hotel lagi.
Karena kita harus istirahat untuk persiapan besok.
Esoknya jadwal kita bakal full,
Jadi segini dulu cerita day 1 nya yaaaa...
See you in next posted
Byeeee.....

Popular posts from this blog

Martumpol 01082015

Promil part 3 (Profertil & Suntik Ovidrel)

Promil Part 1 (USG Trans V, Profertil dan Metformin)