Sepenggal kisah dari Desember 2013 :)

Heeiii...aku belum ngucapin selamat natal dan tahun baru 2014 yaaakk?
Maaf bingittt yaaaa......
Kali ini aku mau share sedikit cerita natal dan edisi mudik ke kampung halaman...

Yuupppp, natal kemaren tahun 2013 memang agak sedikit berbeda dengan 2 cerita desemberku tahun2 sebelumnya.
Kenapa berbeda?

Pertama, ini adalah kepulanganku pertama kalinya saat Natal setelah 5 tahun merantau. Selama 4 tahun aku kuliah di Semarang, setiap natal aku selalu tidak bisa pulang, karena libur kuliah selalu sedikit. Tanggal 24 biasanya masih kuliah, libur tgl 25, 26nya pasti masuk. Sedihh yeee kan?
Udah aku lulus tahun 2012, tetep gak bisa pulang juga, aku baru masuk kerja disitu, masih training dan belum punya hak cuti...huaaaaa...
Sedih yaaa cerita gue.

Dan akhirnya penantian panjang setelah 5 tahun berbuah manis juga.
Kali ini, untuk natal 2013 aku pulang,
Pulang ini rasanya istimewa, kenapa?
Aku pulang untuk pertama kalinya dengan status yang berbeda.
Dulu aku pulang dengan status masih mahasiswa, dan kali ini aku pulang sebagai seorang anak yang sudah sarjana, dan sudah bekerja di Ibukota.
Aku pulang dengan uangku sendiri, uang hasil keringatku sendiri.
Wow..luar biasa yaaa?
Luar biasa berkat Tuhan,
Aku tidak menyangka, akhirnya sampai juga pada tahap ini.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di bandara baru Kuala Namu, jantungku sempat berdegup kencang.
Aku disini, untuk pulang ke rumah. Untuk bersukacita merayakan natal bersama mama.
Bukan untuk menghadapi kenyataan pahit seperti desember 3 tahun yang lalu.
Aku bersyukur, Tuhan itu baik.
Duka 3 tahun lalu, bisa berganti sukacita di Tahun ini.

Sampai bandara, sudah dijemput kekasih hati yang baik hati dan tidak sombong. Makan siang sejenak, trus cari travel untuk perjalanan ke rumah.
Perjalanan pulkam kali ini cukup memakan waktu, karena saat itu adalah malam Natal, jalanan rame sekali sehingga macet maksimal.
Niatnya mau ikut ibadah malam natal di rumah, tapi ternyata rencana melenceng jauh sekali.
Aku baru sampai di rumah jam 22.30 WIB. what a traffic !!

Sempat bete, tapi tapi akhirnya ambil positifnya aja. Finally aku sampai di rumah, rumah yang sudah lama kutinggalkan. Rumah yang menjadi saksi masa kecilku, rumah yang menjadi saksi bahwa aku pernah punya keluarga yang lengkap :")


 Unik ya rumah gue? Ember cinn, saya aja yang tuan rumah suka merasa rumah saya seperti museum. Banyak barang2 unik di dalamnya.


Maklum aja, rumah eike adalah rumah peninggalan opung alias kakek saya. Sayang gak ada foto keseluruhan, maaf yeee...




 Bahagianya aku, sampai di rumah, berpelukan sama mama, disuapin makan dan disediain air panas buat mandi.
Kurang bahagia apa lagi coba?
Udah lamaaaaaaaaaaaaaa banget gak ngerasain beginian.
Terima kasih Tuhan, buat kebahagiaan kecil ini.
Terima kasih telah menjagai mamaku, dan aku bisa menemuinya dalam keadaan sehat.
What a big blesses.
 Acara kami lanjutkan dengan sedikit membongkar koper dan oleh2 yang sengaja kubeli untuk orang-orang yang kukasihi.
Aaahhh..bersyukur lagi, aku bisa menyisihkan sebagian rejeki yang kudapat untuk beliin mama dam orang-orang yang kukasihi :)

Suasana kampung halamanku ternyata tidak terlalu banyak berubah, hanya orang2 yang ada sedikit berubah. Ada beberapa yang tidak lagi kukenali, karena sebagian penduduk ada yang berganti, dan anak kecil sudah remaja, orangtua ada yang sudah meninggal. Yahhh, namanya juga kehidupan yaa.
Tapi aku  bersyukur, banyak orang-orang yang menyambutku dengan hangat. Meski mereka hanya sekedar menyapa.
Aku bersyukur bisa tidur bareng mama, makan bareng mama, ke gereja bareng mama, dan menghabiskan waktu berdua sama mama.
Aku bersyukur bisa sejenak jauh dari hiruk pikuk Ibukota.
Rasanya adem sekali di rumah. ke belakang rumah saja, lihat pemandangan beginian.


 Langitnya bersih banget yaaa...




Jalan sedikit ke belakang lagi, terhampar luas tanaman sayur sayuran sii emak yang hijau dan menyegarkan mata.
Aku paling senang disuruh bantu2 nyiram tanaman mama.
Karena rasanya adem banget...
Meski senengnya awal2 doang, lama2 pegel juga, soalnya luas banget ciinnnn hahahaha...
Salut deh sama emak gueee...:)

Oh iyaaa, ada yang berbeda juga dari kepulanganku kali ini.
Ada orang yang mau berkunjung ke rumahku katanya...
Siapa lagi kalo bukan pacar eike yang sebiji itu..hehehe

Setelah diskusi panjang dan berantem dulu sama gue, akhirnya doi fix datang dengan membawa 2 orang temannya (adiknya dan sepupunya). Ini nih yg sempet bikin bikin kami berantem, gue mintanya doi datang sendiri, ternyata gak dibolehin sama ortunya. karena jarak rumah dia ke rumahku cukup jauh bookk,,4-5 jam. Jadi harus ada temennya, takut ngantuk pas nyetir kalo sendirian, kata ortunya.
Gue sempat marah, gak gentle banget datang bawa temen, masa gak berani sendiri. itu pendapat gue.
Nah abis itu, setelah gue udah mau ngasih ijin doi bawa temen, doi malah ngajak dua orang sekaligus.
Wahhh,,doi mau keroyokan ke rumah gue?
Berantem lagi dehhhh....
Sampe doi berangkat pun, gue masih cuekin, abisan masih bete.
Pas doi udah nyampe depam rumah gue lah baru gue bisa lupa sama kemarahan gue...
*gampang banget ya gue luluhnya? :p

Wow..one step lebih maju ya hubungan kami?
Puji Tuhan, kami menganggap ini kemajuan, karena akhirnya bang takas bisa datang ke rumahku, mengunjungiku dan bersilaturahmi dengan mamaku, menghabiskan waktu di kampung halamanku, ziarah ke makam bapak dan adikku, bahkan nginep di rumahku.
One step closer hihihi....
 Puji Tuhan....

Doi datang ke balige jauh2 gak afdol kalo gak muter2 balige yaa.
Jadilah kami muter2 sekitar balige.
Tempat yang pertama kami kunjungi adalah museeum TB Silalahi Center. Adiknya bang takas kepengin kesini katanya.

Ini dia penampakannya, chek it out aja yaa, kan katanya sebuah gambar bisa bercerita lebih banyak.


 Ini adalah patung dari Bapak TB Silalahi. Salah satu figur orang Batak yang sukses, dan tidak lupa dengan kampung halamannya. Dan selalu berusaha memajukan tanah kelahirannya. Eh FYI, sii bapak masih hidup yeee, jadi meskipun ada patungnya bukan berarti udah meninggal hoho



Si abang bareng tulangnya, karena nyokap dia juga bermarga Silalahi. hoho

Museum ini adalah museum pribadinya Bapak TB Silalahi, jadi banyak menceritakan tentang kisah hidupnya.
Museum ini berisikan baranng2 pribadi milik beliau dan perjalanan hidupnya.
Tapi kemudian dikembangkan lagi, sehingga bisa disebut museum batak lah.
Hampir semua tentang suku batak ada disini. Lumayan lah, buat mengingatkan anak2 muda kayak aku untuk mencintai kebudayaan sendiri :p
 Eh ada, foto presiden dari zaman ke zaman ni..


 Ini salah satu mobil milik bapak TB Silalahi. Di belakangnya, adalah baju2 yang pernah dipakai oleh beliau, seperti baju angkatan, baju wisuda bahkan baju pramuka beliau.


 Do you know what is this? it is called "si gale gale"
Boneka kayu yang digerakkan oleh orang di belakangnya, gerakannya adalah tari "tortor".
Gue gak pernah berani foto sama si gale gale, soalnya mukanya serem.
Apalagi krn mitosnya, sigale gale itu awalnya dibuat oleh seorang ayah untuk mengenang anaknya yang meninggal, dan jika bergerak gerak, itu berarti roh anaknya sedang berada di dalam boneka itu..hiiiiii seremmmm...
'si gale gale" yg skrg sih, digerakin sama manusia tapi tetep aja seyeeemmmmm....





 Cantiknya tempat ini adalah, langsung berhadapan dengan danau Toba. Danau kebanggan sumatra utara.
Maaf gambarnya gak maksimal, lagi kabut soalnya..tp sejujurnya lebih indah dari ini,



 Ini bukti kalo foto ini asli yaaaa hahahaha, kan katanya kalo jalan2 tanpa foto itu adalah hoax yeee? hahaha
*alasan buat narsis. Adiknya doi jadilah tukang foto kami hahaha,


 Nih mukanya "si gale gale" serem kan? aku gak lebay kan kalo aku bilang ini serem? :|




 Nah ini foto kami di depan "huta batak" yang artinya kampung batak. Jadi kayak kampung batak mini lah.
Kayak di taman mini, tapi yang ini jelas lebih lengkap karena fokus ke suku batak aja.



 Nah ini, emang ya dunia sempit. Bang takas malah ketemu sama temen kuliahnya di semarang , di sini.
Gak nyangka banget. Emang sih, abang tersebut asalnya dari balige juga.
Tapi yaa jodoh banget bisa ketemu gitu yaaaa...dunia sempit
Surprisingly :D




 Tuh yang di belakang sii abang, adalah rumah adat suku batak. Doi katanya suka sama tempat ini. :)



 Oh iya, tempat ini diresmikan oleh Pak SBY lohhh....



 Ahhh..gambar danau di ujung sana gak terlihat jelas karena mendungnya :(







 Kalo ini gambar miniatur rumah adat, kalo tadi rumah adat yang asli, kali ini adalah miniaturnya.



 Nah ini pakaian adat batak simalungun. aku sih batak toba, jadi pakaian adatnya yang seperti foto di bawah ini nih.


 Pakaian kayak gini sih udah jarang dipake, masuk angin bokkk hahaha. Paling ulosnya yang masih tetep dipake. aniway, am I look fatter? arrrgghhh :\








 Ini patung Sisimangaraja yang terkenal itu loh. Pahlawan dari tanah Batak.



 Puas dari musemu, akhirnya kita berpindah ke Lumban Silintong. Nama kawasan wisata danau toba di Balige. Sayang sekali hujan deras, jadinya kita cuma duduk doang. Ngeliat ke danau juga, danaunya berkabut. hujan deras banget soalnya.
Disini si abang yang jadi tukang foto. Yang baju merah selain aku itu adalah adik bang takas, satunya lagi yang di depanku adalah sepupunya.

Yahhh, malam minggu bareng bang takas dan adik2nya di kampung halamanku yang super dingin hohooho.
disana cuma sebentar, langsung balik lagi ke rumah.
Kami menghabiskan malam dengan mengobrol santai. Lumayan lah, aku senang, mama akrab sama bang takas. Yah emang, ini bukan pertama kalinya mereka ketemu sih. Tapi seneng, mereka terlihat lebih akrab.
Dan lebih herannya aku, bang takas sama sekali gak canggung ada di rumahku, doi serasa di rumah sendiri. aku ngiri. bisa gak yee, aku kayak gitu kalo besok ke rumahnya? ??

Huaaa, rasanya waktu berjalan cepat sekali yaaa.
Malamnya udah lewat, pagi menjelang...
Saatnya untuk pulang.
Pagi itu, minggu pagi aku harus berangkat ke Medan, karena pesawatku ke jakarta akan berangkat pukul 18.30.
Sedihhhh,,bentar banget liburan di rumah, kata mama juga gak berasa. huhu..
semoga tahun depan, aku bisa pulang lagi dan bisa sampe tahun baru. aminnnn...*salah satu resolusi 2014 nih.

Aku berangkat bareng sama bang takas dll, dan emang sengaja, doi datang ke rumah silaturahmi, sekalian jemput aku untuk nganterin ke bandara.
lumayan..daripada naik travel,..ini disetirin pacar sendiri heheheh.
Nah, pas di tengah jalan, belum tengah jalan sih, masih daerah balige lewat dikit, namanya sigumpar. Adek bang takas kepengen singgah di makam Nommensen. Beliau adalah misionaris yang mebawa agama Kristen ke tanah batak.




 Ini dia penampakan makam beliau.




Makamnya Nommensen sendiri adalah yang ada tugu mini putihnya, sebelahnya adalah istrinya dan teman2nya.


Ini adek bang takas yang girang banget bisa ziarah kesini. Doi malah bercita2 pengen dimakamkan kelak dekat2 makam Nommensen, ckckckc


Nah, gak lengkap kalo kami pun tak mengambil bagian dalam foto2 ini ye kan?
Lihat pacar eike, keliatan banget baru bangun tidur yaaa?
Tapi doi mandi kok sebelum berangkat, gue masakin air panas loh hahaha *terpaksa sih,disuruh nyokap hahahaha :p
 Abis itu kita lanjut lagi deh perjalanan ke Medan, enggak ding singgah dulu di Tanjung Morawa, ke rumah si abang.
Kasian juga sih pacar eike, nyetir dari balige sampe rumahnya, gak ganti. katanya doi mau nyoba nyetir perjalanan jauh, 5 jam loh..tapi bisa juga ternyata doi.
ya iyalah, ada cewek cantik di sampingnya, jadi doi gak ngerasa capeklah hahahaha *geer

Finally sampe juga di rumah si abang, for the first time nih.
Pertama kali juga ketemu mamanya, kalo bapaknya sih udah pernah.
Untung mamanya ramah banget, semoga doi seneng sama eike yaa hahaha *ngarep maksimal
di sana istirahat sebentar, makan siang, muter2 daerah rumah abang.
dan gak kerasa udah sore, dan aku harus ke bandara.
aku kira bang takas doang yang nganterin, ternyata mama dan bapaknya juga ikut.

sempat shock juga sih,
kok ngerepotin banget?
lagian tadinya mau berduaan hahahaha, *maunya
tapi gak apa2lah, berarti aku dihargai banget dong sampe dianterin gini, semoga begitu seterusnya.
amin ya Tuhan hehehe



 terima kasih untuk semuanya Bou, Amangboru. Terima kasih sudah ramah menerima saya. Sampai bertemu lagi. Aminnnnn....Heiii, they are my parents in law to be lohh , kok kelihatan akrab banget ya kami? hahahaha..tinggal nikah aja ni? eehhhh...hahahahahaha :P



Terima kasih Tuhan
terimakasih mama
Terima kasih pacar
Terima kasih semuanya...
Terima kasih 2013..

See you in december 2014.
Semoga akan ada cerita bahagia lagi.
Amiinnnnn....












Comments

Popular posts from this blog

Martumpol 01082015

Promil part 3 (Profertil & Suntik Ovidrel)

Promil Part 1 (USG Trans V, Profertil dan Metformin)